Jumat, 17 Mei 2013

Pengertian Analgetik


Analgetika adalah obat-obat yang dapat mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran. Analgetika pada umumnya diartikan sebagai  suatu obat yang efektif untuk menghilangkan sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan nyeri lain misalnya nyeri pasca bedah dan pasca bersalin, dismenore (nyeri haid) dan lain-lain sampai pada nyeri hebat yang sulit dikendalikan.  Hampir semua analgetik ternyata memiliki efek antipiretik dan efek anti inflamasi.
Asam salisilat, paracetamol mampu mengatasi nyeri ringan sampai sedang, tetapi nyeri yang hebat membutuhkan analgetik sentral yaitu analgetik narkotik. Efek antipiretik menyebabkan obat tersebut mampu menurunkan suhu tubuh pada keadaan demam sedangkan sifat anti inflamasi berguna untuk mengobati radang sendi (artritis reumatoid) termasuk pirai /gout yaitu kelebihan asam urat sehingga pada daerah sendi terjadi pembengkakan dan timbul rasa nyeri.
Analgesik anti inflamasi diduga bekerja berdasarkan penghambatan sintesis prostaglandin (penyebab rasa nyeri). Rasa nyeri sendiri dapat dibedakan dalam tiga kategori:
·    Nyeri ringan (sakit.gigi, sakit kepala, nyeri otot, nyeri haid dll), dapat diatasi dengan asetosal, paracetamol bahkan placebo.
·        Nyeri sedang (sakit punggung, migrain, rheumatik), memerlukan analgetik perifer kuat.
·        Nyeri hebat (kolik/kejang usus, kolik batu empedu, kolik batu ginjal, kanker ), harus diatasi dengan analgetik sentral atau analgetik narkotik.

5 komentar:

  1. Kalau analgenik itu brarti sejenis penggunaan narkoba ya ?

    apa si beda obat anelgenik dengan narkoba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. analgesic itu ada 2, yaitu analgesic non narkotik dan analgesic narkotik

      analgesic narkotik itu ada bahan bahan yang terbuat dari narkotik yang dapat membuat si pasien ketergantungan pada obat tersebut.

      sedangkan analgesic non narkotik, aman dikonsumsi berkali kali tanpa berefek ketergantungan ....

      Hapus
  2. Terimakasih untuk artikelnya, informasi yang bermanfaat.

    BalasHapus
  3. terimakasih, sangat membantu utk sesama farmasis.. :)

    BalasHapus