Jumat, 17 Mei 2013

Pewarna Rambut


Pewarna rambut atau cat rambut adalah bahan yang dapat digunakan untuk mengubah warna rambut baik secara radikal atau keseluruhan yang dapat berasal dari materi tumbuh-tumbuhan, hewan maupun logam dan mineral. Tujuan dari pewarnaan rambut antara lain untuk mewarnai rambut putih yang mulai tampak seiring dengan bertambahnya usia, dan mengubah penampilan warna rambut seluruhnya atau sebagian saja. Mengubah penampilan warna rambut dapat juga dengan penambahan highlights atau toning. Toning rambut berbeda dengan cat cair rambut dimana toning hanya menambah efek rambut menjadi lebih shiny dimana warna shiny-nya tergantung dari warna toning yang digunakan dan tidak merubah warna rambut.
Jenis-jenis pewarna rambut yang ada dimasyarakat antara lain:
1.      Pewarna rambut cair
Adalah jenis pewarna rambut yang sering digunakan, bahan penyusun yang dipergunakan sebagian besar dalam bentuk cair, sebagai contoh bahan yang dipergunakan antara lain air (30-50%), solvent misalnya alcohol atau isopropyl alcohol (30-50%), neutralizer untuk polimer seperti aminomethyl propanediol (0,0-0,5%), plasticizer seperti poliglikol (0,0-0,1%), farfum (0,2%),  dye yang larut air seperti methyl violet Cl 42595 (0,1%) dan colouring agent.
2.      Pewarna rambut setengah padat
Pewrna rambut setengah padat yang biasa ditemukan dipasaran dalam bentuk setengah padat adalah sediaan pasta, sediaan pasta memiliki karakteristik yang berbeda dari sediaan kosmetik cair dapat ditinjau dari pemerian dan sifat alir yang berbeda, bahan yang dipergunakan hampir sama, tetapi berbeda dalam hal sediaan dasar, sediaan dasar adalah berbentuk pasta, sebagai contoh, kombinasi vaselinum dan amylum dapat dibuat sebagai basis pasta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar