Selasa, 16 Agustus 2011

Sediaan Solid


Sediaan solid adalah sediaan yang mempunyai bentuk dan tekstur yang padat dan kompak. Macam-macam sediaan solid pada obat antara lain: serbuk, tablet, kapsul, pil, suppositoria, ovula, dll.
1.   Serbuk adalah campuran keringbahan obat atau zat kimia yang dihaluskan. Sediaan serbuk diharapkan tidak higroskopis sehingga tidak mudah mencair ataupun menguap sehingga penyimpanan serbuk obat harus terlindung dari lembab, udara, panas dan oksigen serta memperhatikan homogenitas dalam  pencampuran.
2.   Granul yaitu Granulasi dilakukan untuk meningkatkan sifat aliran yang berarti uniformitas massa dari sediaan, mencegah pemisahan komponen campuran, meningkatkan karakteristik dari campuran, mengurangi bahaya lingkungan untuk pekerja karena pembentukan debu dari bahan toksik dan meningkatkan penampilan produk.
3.   Tablet adalah sediaan padat mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi. Harus merupakan produk menarik yang mempunyai identitas sendiri serta bebas dari serpihan, keretakan, pemucatan, kontaminasi. Harus mempunyai permukaan yang halus, baik dalam penampilan dan harus kompak sehingga tidak akan mengalami friabilitas, pengelupasan dalam wadah dan sanggup menahan guncangan mekanik selama produksi dan pengepakan. Harus mempunyai stabilitas kimia dan fisika untuk mempertahankan sediaan dari pengaruh lingkungan dan penurunan mutu zat berkhasiat.
4.   Kapsul adalah sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut. Kapsul harus mudah ditelan dan tidak memiliki rasa dan bau yang tidak enak. Sifat penting dari bahan aktif adalah ukuran partikel dan kelarutan, formulasi kandungan kapsul lunak, baik cairan, larutan dan suspensi yang diisikan ke dalam kapsul harus homogen.
5.   Supositoria adalah sediaan padat dalam berbagai bobot dan bentuk, yang diberikan melalui rektal, vagina atau uretra, umumnya meleleh, melunak atau melarut pada suhu tubuh. Supositoria tidak toksik dan tidak merangsang, dapat tercampur (kompatibel) dengan bahan obat, dapat melepas obat dengan segera, mudah dituang ke dalam cetakan dan dapat dengan mudah dilepas dari cetakan, stabil terhadap pemanasan di atas suhu lebur, stabil selama penyimpanan.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kalo bolah tqu ini sumbernya dari mana ya kqk??
    Soalny dosen saya suka nanyain sumbernya..

    BalasHapus